Magic Item di Dungeons & Dragons!!

Didunia yang penuh dengan magic, dunia yang penuh dengan naga dan monster, tidak heran jika terdapat beberapa pusaka dan artifak yang tesebar disemua tempat. Barang-barang dengan kemampuan ini biasa disebut dengan magic item. Penulis yakin bahwa setiap adventurers punya hasrat tersendiri untuk memiliki suatu magic item yang bisa menunjang perkembangan character kamu. Nah untuk itu, yok kita bahas tentang magic item.

Cloak of Elvenkind
Attunement
Buat kamu yang pernah nemuin beberapa magic item, kamu pasti pernah nemuin tulisan “requires attunement”, and yes, itu ga cuma tulisan aja. Beberapa magic item, butuh suatu hubungan terhadap penggunanya, tidak langsung bisa digunakan. Nah hubungan ini yang disebut dengan attunement. Attunement ini terkadang harus mempunyai syarat-syarat tertentu, seperti class, ability score, dan lainnya. 
Jika magic item ini digunakan tanpa attunement, maka penggunanya hanya mendapatkan benefit dari komponen magicalnya. Contohnya +1 Shield, seharusnya menambah bonus +1 AC, tapi karena belum attunement, maka dari itu shield tersebut hanya dianggap sebagai shield biasa.
Setiap magic item hanya bisa di attune dengan 1 orang saja, dan 1 orang maksimal ter-attune dengan 3 magic item. Tidak bisa lebih. Jika pengguna untuk hendak mengganti magic item yang ter-attune, maka dia harus mengakhiri hubungannya dengan magic item yang lama. Selain itu juga, setiap pengguna tidak bisa menggunakan 2 magic item yang sama, contohnya kita tidak bisa menggunakan 2 ring of evasion disaat yang bersamaan.

Image result for hand of vecna
Hand and Eye of Vecna
Memakai & Menggunakan Magic Item
Beberapa magic item juga harus dikenakan untuk bisa dipakai, contohnya kalo sepatu harus dipasang dikaki, kalung di leher dan lainnya. Dikebanyakan kasus, magic item yang harus dikenakan akan menyesuaikan ukurannya terhadap penggunanya. Tapi ya selalu tanya pada DM kamu, apakah magic item tersebut kira-kira bisa dikenakan character kamu.
Mengaktifkan Magic Item
Mengaktifkan magic item mempunyai syarat pengguna untuk melakukan sesuatu yang spesial, contohnya memegang item, dan berbicara command word. Di detail magic item sendiri biasanya langsung tertulis dengan leengkap.
Image result for boots of speed
Boots of Speed
  Consumable Item
 Potion juga termasuk salah satu dari magic item, namun karna potion termasuk consumable magic item, maka potion ini akan langsung hilang ketika dipakai. Tidak hanya potion, namun juga magic item lain yang memiliki properties consumable.

Spell
Magic item juga ada yang memberikan kemampuan pada pengguna untuk cast sebuah spell. Spell-spell ini tidak akan mengurangi spell slot dari pengguna, tapi menggunakan charges daripada magic item. Untuk durasi, action, dan lain-lain juga tetap mengikuti rule tentang spell, termasuk juga apabila spell itu punya concentration.

Tinggalkan komentar