Mengintip Persiapan Sesi D&D untuk DM

Yo Adventurers! Hari ini penulis mau ngaku dosa, selama ini kan penulis selalu menyebut diri sebagai penulis, nah didalam dunia perkancaan D&D Indonesia, penulis lebih dikenal dengan nama Vexituz. Maaf ya udah 1 bulan kenalannya baru sekarang hehe.

Oke, hari ini penulis mau sharing tentang apa aja yang biasa penulis siapkan sebelum sesi D&D Campaign penulis (kebetulan penulis juga hari minggu ini ada sesi, sekalian aja penulis share yach)

1. Character Sheet for Your Player

Hal penting yang sangat penting adalah Character Sheet. Semua player anda pasti butuh character sheet. Kalo ga ada character sheet, lu mau maen ama sapa? Maen sendiri? Namanya nulis buku!!

2. Dadu 9 Set + Kotak untuk Dicetray

Kalo penulis sendiri, biasa menyiapkan 9 set dadu. Kenapa harus 9 set? Karena game penulis biasanya ada 7 player, dan masing-masing penulis kasih 1 set dadu, sedangkan penulis sendiri sebagai DM pake 2 set dadu. So 9 Set.

Oh ya, kalo bisa dadunya warnanya beda-beda, dan ngeroll attack sama damage barengan, jadi lebih cepat waktunya dan bunyi cetak-cetak dari dadunya lebih asoyyyyyyy

3. DM Screen

DM Screen juga gak kalah penting lho, penulis merasakan ada zona pribadi sebagai seorang DM dibalik DM Screen ini. Dibalik DM Screen ini, merupakan daerah kekuasaanmu, dimana kamu bisa menempatkan apa aja didalam sini, anggep aja sebagai ruang kerja kamu untuk memandu teman-teman kamu berpetualang.

PS: DM Screen juga berguna untuk meng-fudge roll kamu, jadi kalo kamu ga tegaan ama player, bilang aja serangan naga kamu ga kena, daripada playernya mati?

4. Module yang akan dimainkan

Nah, module juga wajib lho disiapkan. Selain harus dibaca sebelum sesi dimulai, module juga bisa disiapkan dibalik DM Screen sehingga bisa jadi pengingat apa aja didalam module, dan memperkecil salah sebut atau kelewatan hal yang penting dalam module.


5. Core Rule Book & Xanathar Guide to Everything

Buku aturan utama, biasanya penulis siapkan didekat penulis. Buat bisa confirm apabila terjadi hal-hal ambigu dan perlu klarifikasi.

Sedangkan XGtE penulis siapkan untuk player apabila mereka mau tambahan opsi Archetype selain yang ada pada PHB~

6.Battle Mat, Props, Terrain & Miniature

Nah, ini salah satu faktor yang paling merogoh kocek tapi terbalaskan dengan senyuman dan wajah kagum dari Player kamu. Untuk sedikit info, yang penulis beli pada gambar diatas cuma battlemat & miniaturenya. Sedangkan untuk rumah, tower, batu dan lain-lain penulis buat sendiri lho~

7. Handout

Penulis biasanya memprint hal-hal yang penulis rasa keren untuk dibagiin ke player. Contohnya penulis biasanya memprint wajah NPC atau magic item, serta kontrak-kontrak untuk visual aid player penulis.

8. Speaker Bluetooth

Percaya ama penulis buat yang satu ini. Musik itu PENTING pake BANGET. Dengan maksud untuk membuat mood dan suasana terasa enaknya. Dengan pemilihan musik yang tepat, kalian bisa membuat mood player kalian jadi sesuai dengan ekspetasi kalian. Waktu lagi lawan naga gitu kan dipasang musik perang niscahya playernya ikutan tegang dan cemas-cemas dikit. HAHAHA

9. Monster & Stats Block

Sebenernya stats blok disini biasanya udah ada pada module yang dipake, namun penulis merasa sayang apabila harus sering bolak-balik halaman module. BECAUSE ITS F****NG EXPENSIVE dan penulis takut rusak.

Selain itu, jika diprint sendiri, penulis bebas mau mencoret-coret untuk perhitungan HP monster-monster tersebut

Oke, yang tadi semua adalah persiapan penulis sebelum memulai sesi. Disini yang penulis tulis sendiri merupakan pendapat pribadi tentang penulis, dan jangan sampai kalian mematok ekspetasi game D&D harus ada props, minis, atau yang lainnya. Penulis sendiri juga sering main game dengan Old Style, yaitu cukup ngomong tanpa ada visual aid apa-apa, dan itu tetap enjoy kok. Namun jika kalian ingin seperti penulis, boleh-boleh aja kok, dan kalo bisa juga invite penulis untuk maen bareng bolehla ya~

Cheers!!!

Tinggalkan komentar